colitis ulcerative penyakit apakah itu ?


Hi teman… selamat pagi.. kali ini saya akan membahas jenis penyakit yang mungkin jarang sekali orang mendengar bahkan asing… tidak kok… ini bukan penyakit berbahaya.. ini hanya penyakit pencernaan.. namun ini lebih ke usus besar.. yah kalo di lambung di sebut maag .. kalo di usus halus disering dikaitkan dengan typhus / tifus nah kalo di usus besar sering disebutnya kolitis..

Kolitis bukanlah penyakit menular, kolitis hanya penyakit pencernaan saja, namun perbedaan yang siginifikan pada penyakit pencernaan lainnya , kolitis sering mengakibatkan kolik/kram di area usus besar.. areanya bisa dimana saja, untuk kolitis ulseratif area yang sering terkena di bagian descending colon/usus besar bagian bawah ,terutama di area kanan / kiri. kondisi orang kolitis mungkin bisa terlihat normal dengan orang2 pada umumnya, namun jika kamu memperhatikan pola makannya, orang kolitis cenderung menghindari sayur-sayuran serat tinggi dan juga buah-buahan, ini merupakan dilema yang sangat tidak mengenakan. karna sejatinya tubuh memerlukan asupan sayuran/buah-buahan untuk menghindari radikal bebas/ penyakit degeneratif lainnya

Namun, bagi kondisi orang yang terkena kolitis, memakan buah / sayur akan mengakibatkan kolik / kram di usus besar yang berkepanjangan dan mengakibatkan diare hebat, karena usus besar penderita kolitis pada umumnya terdapat luka / alergi hebat / disebut juga imunitas berlebihan sehingga mengakibatkan sayuran / buah dianggap Colitis Ulcerative Apakah penyakit itu?

sebagai musuh dalam tubuh,.. sehingga imun dalam tubuh menolak.

Ciri umum orang yang terkena kolitis :

1. mengalami penurunan berat badan yg signifikan (umumnya 5-10kg)

2. sering kolik / kram perut di bagian usus besar, biasanya terjadi saat memakan sayur/buah dan minuman yg menghasilkan gas tinggi

3. BAB diare jika tidak menjaga pola makan sesuai dengan penderita kolitis

4. cepat capek dan lelah

Cara mengatasinya :

cobalah untuk meminum , vitamin kompleks (contoh neurobion) 1 hari 1x.. jika kondisimu sangat lemah, minumlah 2x sehari, tapi tolong imbangi dengan air yang banyak, sehingga tidak menggangu kinerja ginjalmu, jika kamu tidak memiliki masalah dengan lambung, cobalah untuk meminum prebiotik (contoh yakult) cukup 1 hari 1x, jika kolitismu adalah kolitis yang cenderung sembelit, minumlah 2x sehari. jgn biarkan perutmu kosong, jika kamu bukanlah pecinta ngemil, cobalah mulai dari sekarang untuk makan sesering mungkin.. bukan makan 3x sehari tapi sebanyak mungkin (ini konsep yang salah untuk penyakit kolitis). Dulu saya sangat tidak suka ngemil, akibatnya tubuh saya terserang kolitis, dan penyakit itu menyerang bagian tubuh terlemah kita… kebetulan saya lemah di usus sehingga usus saya yang terkena sakit. Jika dirasa sayur/buah tetap anda butuhkan cobalah untuk memakan pisang yang telah direbus/dimasak , dan sayuran yang berwarna terang berserat rendah (contoh wortel). Jika itu tidak dapat ditoleransi di usus kamu, cobalah sayuran/buah dalam ektrak kapsul (contoh : fruit 88).

Mungkin itu dulu yang bisa saya jelaskan mengenai gambaran penyakit kolitis, cobalah untuk tetap menjaga pikiran agar tidak stress dalam menghadapi ini, karena sejatinya pikiran sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita. semoga tetap semangat.. dan Tuhan selalu memberi jalan terbaik untuk kita, jika kita tetap berjalan dijalan yang benar.

 

 

Copyright © SyarahZ 2013 All Rights Reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s